Selamat datang di Blog Enuy

Berita Terpopuler

Memanage Aplikasi Startup Dengan WhatInStartup

0 komentar

Pengaturan Aplikasi Startup dengan WhatInStartup : Salah satu factor yang menyebabkan booting Windows melambat adalah banyaknya aplikasi yang berjalan ketika Windows melakukan booting. Untuk mengatasinya, kita perlu melakukan pengaturan terhadap aplikasi startup ini. Salah satu freeware yang dapat kita gunakan untuk melakukannya adalah WhatInStartup 1.0. Ikuti tips triknya bersama Tips dan Trik Komputer berikut ini.
Dengan freeware tersebut, kita dapat menampilkan berbagai informasi yang ada hubungannya dengan aplikasi startup, antara lain Startup Type (Folder Registry/Startup), Command-Line String, Product Name, File Version, Company Name, lokasi aplikasi pada Registry atau file system dan masih banyak lagi.
Dengan freeware itu pula, pengaturan dan kustomasi terhadap aplikasi startup sangat mudah dan praktis untuk dilakukan, antara lain men-disable (F7), meng-enable atau mengaktifkan (F8), men-delete-nya (Ctrl+Delete) atau bahkan menyimpannya ke dalam file text/csv/html/xml (Ctrl+S).
WhatInStartup ini sudah mendukung lebih dari 10 bahasa di dunia, sayangnya bahasa Indonesia belum termasuk di dalamnya. Selain itu, freeware beralamat di http://www.nirsoft.net ini berjalan pada Windows 2000 hingga Windows 7.
Jika tertarik, silakan untuk mendownloadnya terlebih dahulu di http://www.nirsoft.net/utils/whatinstartup.zip. File-nya berupa file zip dengan besar file 44 Kb saja, oleh karena itu, setelah berhasil mendownloadnya, lakukan ekstrak terlebih dahulu. Kemudian setelah itu, kita dapat langsung menjalankannya tanpa harus melakukan installasi terlebih dahulu.
Setelah kita menjalankannya maka dalam waktu sekejab kita akan mendapati Daftar Aplikasi Startup yang “disajikan” oleh WhatInStartup, seperti screenshot di bawah ini.
Dari daftar tersebut kita dapat mendapatkan semua informasi tentang aplikasi startup tersebut. Dengan cara menggeser slide-nya ke kanan atau ke kiri, kita dapat mengetahui detail informasi dari aplikasi yang ada, antara lain Type Startup, Command Line, Status Startup, Product Name, File Version, Product Description, Company, Location, dan Process Path.
Atau jika ingin mengetahui lebih detail lagi informasi dari suatu aplikasi tersebut, adalah dengan melakukan seleksi aplikasi tersebut kemudian dilanjutkan mengklik menu File >> Properties, hasilnya seperti di bawah ini.
Untuk melakukan pen-disable-an, peng-enable-an, atau pen-delete-an terhadap aplikasi tertentu, kita hanya perlu melakukan seleksi terhadap aplikasi yang dimaksud kemudian dilanjutkan dengan menekan buton merah (disable), hijau (enable), tanda silang (delete).
Kesimpulan
WhatInStartup merupakan freeware yang dapat kita gunakan untuk memanage dan mengoptimalisasi terhadap aplikasi startup dengan cara mudah, cepat, dan praktis. Kelebihan freeware ini adalah disamping file-nya cukup ringan juga tidak perlu melakukan installasi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencobanya.
Keterangan
SELAMAT MENCOBA
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. ENUY TEKAJE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger